Tuesday, February 28, 2006

Pesawat Tua: Siapa Takut?

Pelajaran pertama yang diberikan kepada pilot bukanlah mengenai Hukum Newton tentang gravitasi dan gaya. Peraturan utama bagi para pilot, "Always try to keep the number of landings you makeequal to the number of take-offs you've made".

Siapa sih yang mau mati? belum ada hukumnya bahwa supir, dalam hal ini pilot, ingin mati saat mengemudikan kendaraannya, kecuali orang gila. Walau pesawat tua, ibaratnya priyayi sepuh, mungkin sudah keriput beruban, sakit sakitan, namun bisa masih segar bugar dan dapat menjalankan aktivitasnya dengan baik. Asal kesehatannya dijaga dengan baik.

Memang biaya yang dikeluarkan sudah menjadi tidak ekonomis karena banyak yang harus dirawat. Percaya atau tidak, India masih mengoperasikan MIG 21 yang sudah di refurbish peralatan avionic dan navigasinya. Atau Boeing 707 yang dipakai sebagai freighter (angkut cargo) di belahan Amerika. Tapi siapa yang bisa tahu ya apakah pesawat ini dirawat dengan baik?entahlah:D
Secara kasar, pesawat tua sudah tidak ekonomis untuk dioperasikan karena beban maintenance dan efisiensi mesin.padahal harga fuel terus menanjak. Sebaiknya airlines harus cermat melakukan kalkulasi untuk pemilihan ini.
---

0 Comments:

Post a Comment

<< Home