Tuesday, February 28, 2006

Blue Ocean Strategy untuk Airlines

Buku yang cukup heboh akhir akhir ini adalah blue ocean strategy.
Dibahas bagaimana mengaplikasikan ini di beragam industri.
Apakah Blue Ocean Strategy ini dapat dipakai dalam industri airlines?
Jawabnya TIDAK!
Kenapa? Karena pesawat tidak beroperasi di laut. Tetapi terbang di udara.
Sehingga seharusnya BLUE SKY Strategy:D
Pertumbuhan industri ini sejak 2001 diatas 10%. Jumlah penumpang terus bertambah tiap tahunnya. Seiring dengan itu, jumlah operator penerbangan pun bertambah. Akibatnya jelas, persaingan semakin ketat. Beberapa airlines menggunakan berbagai strategi dan teknologi sebagai enabler. Mulai dari pembayaran, cara reservasi dll.
Saya tidak ingin membahas ini, hanya ada satu fakta yang sedikit menarik, jauh dari hiruk pikuknya persaingan sengit dan price war di rute rute besar, ada airlines yang beroperasi jauh dari pengamatan mata dan menangguk kenikmatan lenggangnya pesaing.
Jika rute Jakarta Surabaya, rata rata industri memiliki yield 4-5 sen USD,
Airlines ini memiliki Yield 10-15 sen USD. WOW!

Siapakah dia?
Kita sebut saja airlines kampung yang sukses.
Buat saya, celah celah yang tidak terlihat dan terkesan niche malah lebih menarik untuk diterjuni. Sumber daya pun tidak habis untuk bergulat di pasar yang sempit. Bikinlah arena pertempuran sendiri, seperti kata blue ocean eh blue sky strategy...:P

Keterangan:
Yield = Total Revenue / (Total penumpang * Jarak rute )

=

0 Comments:

Post a Comment

<< Home